Kamis, 30 Oktober 2014

cara menelaah RPP






LK- 4.2


TELAAH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



PETUNJUK

Kompetensi: Mampu mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan  Standar  Proses

Tujuan :
Melalui kegiatan telaah RPP, peserta mampu mengembangkan RPP yang menerapkan pendekatan saintifik  dan sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan RPP.
Petunjuk Kerja:
1.  Kerjakan tugas ini secara kelompok. Kelompok pada tugas ini sama dengan kelompok penyusun    RPP
2.  Siapkan RPP dari kelompok lain yang akan ditelaah.
Langkah Kerja:
1.  Pelajari format telaah RPP. Cermati maksud dari setiap aspek  dalam format.
2.  Cermati RPP hasil kelompok lain yang akan ditelaah.
3.  Isilah format sesuai dengan petunjuk pada format telaah RPP.
4.  Berikan catatan khusus atau alasan Anda memberi skor pada suatu aspek  pada RPP.
5.  Berikan masukan atau rekomendasi secara umum sebagai saran perbaikan  RPP pada kolom yang tersedia.



FORMAT TELAAH RPP

1.   Berilah  tanda cek ( V) pada kolom skor (1, 2, 3 ) sesuai dengan kriteria yang tertera pada kolom tersebut. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP sesuai penilaian Anda
2.   Isilah Identitas RPP yang ditelaah.
Nama Guru                      : ..................................................... Mata pelajaran                : ..................................................... Topik/Sub topik               : ......................................................


No
Komponen Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Hasil Penelaahan dan Skor
Catatan revisi
1
2
3

A

Identitas Mata Pelajaran
Tidak
ada
Kurang
Lengkap
Sudah
Lengkap

1.
Terdapat :  satuan pendidikan,kelas, semester,
mata pelajaran   jumlah pertemuan




B
Kompetensi Inti   dan Kompetensi Dasar




1
Kompetensi Inti




2
Kompetensi Dasar





C.

Perumusan Indikator
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan Kompetensi Dasar




2.
Kesesuaian penggunaan kata kerja opera-
sional dengan kompetensi yang diukur




3.
Kesesuaian rumusan dengan aspek
pengetahuan.




4
Kesesuaian rumusan dengan aspek
keterampilan





D.

Perumusan Tujuan Pembelajaran
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1
Kesesuaian dengan KD




2
Kesesuaian dengan Indikator



3
Kesesuaian perumusan dengan aspek
Audience, Behaviour, Condition, dan Degree




E.

Pemilihan Materi Ajar
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan KD




2.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran



3
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik



4
Keruntutan uraian materi ajar




F.

Pemilihan Sumber Belajar
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan Tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan materi pembelajaran



3
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik



4.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik




G.

Pemilihan Media Belajar
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan materi pembelajaran



3
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik



4.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik






No
Komponen Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Hasil Penelaahan dan Skor
Catatan revisi
1
2
3

H.

Model Pembelajaran
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan karakteristik materi










I
Metode Pembelajaran
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2
Kesesuaian dengan karakteristik materi




3
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik





j.

Skenario Pembelajaran
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1.
Menampilkan kegiatan  pendahuluan, inti,
dan penutup dengan jelas




2.
Kesesuaian kegiatan  dengan pendekatan
saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan informasi, mengkomunikasikan)




3
Kesesuaian dengan metode pembelajaran




4.
Kesesuaian kegiatan dengan
sistematika/keruntutan materi




5.
Kesesuaian alokasi waktu kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dengan cakupan materi





K.

Rancangan Penilaian Pembelajaran
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1
Kesesuaian bentuk, tehnik dan instrumen
dengan indikator pencapaian kompetensi



2.
Kesesuaian antara bentuk, tehnik dan
instrumen Penilaian Sikap



3.
Kesesuaian antara bentuk, tehnik dan
instrumen Penilaian Pengetahuan



4.
Kesesuaian antara bentuk, tehnik dan instrumen Penilaian Keterampilan










Jumlah skor






Masukan terhadap RPP secara umum:

......................................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................


R- 4.2


RUBRIK PENILAIAN TELAAH RPP



Rubrik Penilaian RPP ini digunakan peserta pada saat penelaahan RPP peserta lain dan digunakan fasilitator untuk menilai RPP yang disusun oleh masing-masing peserta. Selanjutnya nilai RPP dimasukan ke dalam nilai portofolio peserta.



Langkah-langkah penilaian RPP sebagai berikut:

1.   Cermati format penilaian RPP dan RPP yang akan dinilai
2.   Berikan nilai pada stiap komponen RPP dengan cara membubuhkan tanda cek (√) pada kolom pilihan (skor = 1), (skor = 2), atau (skor = 3) sesuai dengan penilaian Anda terhadap RPP yang ditelaah atau dinilai
3.   Berikan catatan khusus atau saran perbaikan  perencanaan  pembelajaran
4.   Setelah selesai penilaian, hitung jumlah skor yang diperoleh
5.   Tentukan Nilai menggunakan rumus sbb:


Mata Pelajaran
          

PERINGKAT
NILAI
Amat Baik ( AB)
90 < AB 100
Baik (B)
80 < B 90
Cukup (C)
70 < C 80
Kurang (K)
70


Tidak ada komentar:

Posting Komentar